Summer Rally (Global Equity Market)

Pasar saham menyambut pertumbuhan global yang lebih baik menjelang musim panas. Perekonomian AS menunjukkan kondisi yang membaik di mana inflasi menurun dengan pasar tenaga kerja yang masih kuat. The Fed kembali menaikkan 25 bps suku bunga acuannya untuk menegasan kembali konsistensi kebijakan dalam mengatasi inflasi. Meskipun demikian, investor melihat puncak siklus kenaikan suku bunga sudah dekat. Kekhawatiran resesi di AS perlahan-lahan memudar dan soft-landing dalam ekonomi lebih mungkin terjadi. IMF merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi terbaru 3,0% YoY pada 2023, naik 0,2% dari publikasi sebelumnya di bulan April 2023. Revisi angka tersebut didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di negara-negara maju seperti AS, Inggris, Spanyol, Italia, dan Kanada serta pasar negara berkembang seperti India, Rusia, Brasil, Meksiko, dan Afrika Selatan. Angka pertumbuhan ekonomi yang dirilis untuk tahun 2023 dan 2024 menunjukkan tidak ada resesi dalam waktu dekat.

Mengetahui ketakutan akan resesi telah diantisipasi oleh banyak pihak, investor menjadi lebih risk-on dari sebelumnya. Indeks utama berkinerja baik pada Juli 2023 dan indeks volatilitas (VIX) bertahan di bawah 15 selama dua bulan terakhir. Menurut kami portofolio yang terdiversifikasi dapat memberikan keuntungan kepada investor jika terjadi koreksi ketika terjadi penurunan tingkat tenaga kerja yang merupakan salah satu fokus utama Fed. Namun, kami melihat investor dapat menikmati pergerakan positif saat ini.

Blooming (Domestic Equity Market)

Pada Juli 2023, ekonomi domestik semakin kuat dengan PMI Manufaktur yang lebih tinggi (53,3 di Jul23 vs 52,5 di Jun23) dan inflasi yang lebih rendah (3,1% YoY di Jul23 vs 3,5% YoY di Jun23). Permintaan dan output yang meningkat serta biaya input yang lebih rendah merupakan alasan utama untuk mengharapkan kondisi ekonomi yang lebih baik pada awal semester kedua tahun 2023 ini. Kondisi domestik yang kondusif membuat jumlah wisatawan meningkatkan pada Juni 2023 menjadi 1,06 juta orang per bulan. Meskipun belum mencapai jaman pra-covid yang berada di atas 1,5 juta orang per bulan tetapi pemulihan pariwisata yang cepat dapat berdampak positif bagi perekonomian domestik. Selain itu, total investasi pada triwulan II 2023 mencapai Rp 349,8 triliun meningkat 15,7% YoY dengan kenaikan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sebesar 17,6% YoY menjadi Rp 163,5 triliun dan PMA (Penanaman Modal Asing) 14,1% YoY menjadi Rp 186,3 triliun. Nilai investasi di 2Q23 lebih besar di luar Jawa (52%) dibandingkan di Jawa (48%).

Kami melihat saham berkapitalisasi kecil dan menengah berperforma baik pada Juli 2023. Hal tersebut menunjukkan investor tertarik untuk melihat sektor yang lebih luas. IHSG mendekati 7.000 pada akhir Juli 2023 dari 6.700 di awal bulan. Kami masih optimistis IHSG dapat mencapai target 7.400 yang didorong oleh sektor perbankan, otomotif, telekomunikasi dan konsumer. Sektor komoditas dapat menjadi faktor penarik indeks tetapi dengan memiliki beberapa saham tambang dapat menguntungkan jika terjadi rebound jangka pendek.

Rekomendasi Produk

Produk
MGSED

Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

MITRA

Reksa Dana MITRA berinvestasi pada saham domestik mayoritas saham Big Cap.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

MICB

Reksa Dana Mandiri Investa Cerdas Bangsa berinvestasi mayoritas pada saham yang termasuk dalam indeks LQ45.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.

MANFIGA

Reksa Dana Indeks MANFIGA berinvestasi mayoritas pada saham yang terdapat di dalam Indeks FTSE Indonesia ESG.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi - (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi - 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi - [email protected]
Mandiri Investasi - www.mandiri-investasi.co.id
Moinves - www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.