New High (Global Equity Market)

Rally saham global terus berlanjut, di mana indeks-indeks utama mencapai titik tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Situasi perekonomian secara keseluruhan sesuai perkiraan, ditandai dengan tren penurunan inflasi dan normalisasi pasar tenaga kerja. Hal ini menimbulkan spekulasi di pasar bahwa Federal Reserve mungkin mempertimbangkan untuk menurunkan suku bunga dari level tertingginya dalam 23 tahun pada pertemuan musim semi mendatang. Pada pertemuan FOMC bulan Januari, The Fed dengan suara bulat memutuskan untuk keempat kalinya berturut-turut mempertahankan suku bunga acuan Federal Funds Rate (FFR) pada 5,5%. Meskipun mengakui kondisi perekonomian sesuai dengan perkiraan, The Fed menekankan perlunya bukti lebih lanjut mengenai penurunan inflasi yang berkelanjutan. Meskipun sikap hati-hati ini, komite melihat risiko mencapai tujuan ketenagakerjaan dan inflasi menjadi lebih seimbang. Ini mengindikasikan pernyataan Fed sebagai keseimbangan yang baik antara menghilangkan kecenderungan kenaikan FFR tetapi menegaskan bahwa mereka belum dekat dengan pelonggaran suku bunga acuan tersebut. Oleh karena itu, pemotongan FFR sepertinya tidak akan terjadi pada pertemuan Maret dan lebih mungkin terjadi di pertengahan tahun.

Peningkatan indeks ekuitas AS didorong oleh tujuh saham utama, sebagian besar di antaranya terkait dengan Kecerdasan Buatan (AI). Harapan tinggi untuk sektor AI telah mendorong kinerja impresif saham-saham ini sejauh ini. Melihat ke depan, para investor antusias untuk menilai efek fundamental guna menentukan apakah harapan tinggi ini dapat beralih menjadi pendapatan perusahaan yang substansial. Investor kini mengalihkan fokus mereka dari saham-saham berkapitalisasi besar ini. Secara historis, saham-saham berkapitalisasi lebih kecil telah menunjukkan kinerja yang lebih baik. Jika skenario ekonomi saat ini dapat terjaga di soft-landing dengan menghindari resesi besar, rally ini berpotensi untuk mempertahankan momentumnya, terutama melalui saham-saham berkapitalisasi pasar menengah atau yang lebih kecil.

Rekomendasi Produk

Reksa Dana Saham
MGSED A

Reksa Dana MGSED berinvestasi pada Efek Ekuitas Syariah Luar Negeri di dalam Daftar Efek Syariah.
Dengan segmen Jangka Panjang, dan dikategorikan berisiko tinggi. Investor memiliki risiko atas portofolio saham tersebut.


Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi - (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi - 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi - [email protected]
Mandiri Investasi - www.mandiri-investasi.co.id
Moinves - www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.