Ekonomi Indonesia berjalan baik pada bulan kedua 2023. Nilai tukar Rupiah yang menguat sejak Januari 2023 dan inflasi yang terkontrol membuat Bank Indonesia berhenti sejenak menaikan suku bunga acuan setelah menaikan 225 bps sejak tahun lalu. Kondisi yang relatif baik ini yang menopang pasar saham dan pasar obligasi sehingga meskipun terjadi perubahan ekspektasi terhadap kebijakan moneter AS agar lebih agresif untuk menstabilkan inflasi, nilai aset di Indonesia tidak terpuruk.

Overview

Pada bulan Februari 2023, dua data ekonomi AS yang menjadi perhatian utama The Fed yaitu data unemployment rate 3,4% yoy pada Januari 2023 dan inflasi PCE kembali naik menjadi 5,4% yoy. Kondisi ini tentu dapat membuat The Fed menjadi lebih agresif daripada sebelumnya. Jerome Powel mengatakan bahwa The Fed mungkin akan menaikan suku bunga lebih banyak lagi dari perkiraan sebelumnya dan menahan untuk waktu yang lebih lama.

Indonesia berada pada posisi yang berbeda dengan kondisi negara lain karena Indonesia masih mengandalkan kekuatan ekonomi dalam negeri. Beberapa data ekonomi domestik terlihat cukup stabil pada bulan Februari 2023.

Topic of discussion

  • Inflasi sedikit bertumbuh.
  • PMI Manufacturing berada di level yang sama.
  • Ekspor Indonesia mengalami pertumbuhan.
  • Bank Indonesia akhirnya melakukan jeda kenaikan suku bunga acuan.
  • Penjualan kendaraan sedikit menurun.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi.

Rekomendasi Produk

Saham

Index

  • FTSE Indonesia ESG
    Saham domestik, Denominasi Rupiah, Berorientasi ESG, dan Pengelolaan pasif

Pendapatan Tetap

Produk 6M Performance YTD Performance
Saham
MITRA -0,1% +2,1%
MGSED +19,5% ++10,3%
Index
FTSE -3,4% -1,1%
Pendapatan Tetap
MIDU +2,54% +0,77%

*Data diatas adalah data per tanggal 3 April 2023

Untuk membaca hal-hal yang terjadi di bulan Februari 2023 yang mempengaruhi ekonomi secara makro selengkapnya disini:

Baca Selengkapnya

Info Lebih Lanjut

Hubungi Mandiri Investasi - (021) 526 3505
Whatsapp Mandiri Investasi - 0816 86 0003
Email Mandiri Investasi - [email protected]
Mandiri Investasi - www.mandiri-investasi.co.id
Moinves - www.moinves.co.id


DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.